English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sunday, April 18, 2010

CAPTCHA


Suatu kali saya mencoba memasukkan link video ke dinding halaman seorang teman. Setelah meng-copy URL link dari Youtube dan saya kemudian men-paste link tersebut ke kotak postingan untuk di 'share'… lalu sejurus kemudian muncul sebuah kotak dialog yang berisi huruf2 aneh, bentuknya di distorsi sehingga susah dibaca. Karena penasaran saya langsung menyelidiki kotak dialog ini dengan google. Hasilnya? Kotak tersebut ternyata disebut Captcha… awas, bacanya 'kapca' dan bukan capcay… saya tadinya sempat jengkel dengan captcha…, tapi setelah mengerti maksud dan tulisan captcha akhirnya saya hanya bisa mengelus jenggot di dagu yg sdh minta dicukur.


Istilah "CAPTCHA" berasal dari bahasa Inggris "capture" atau menangkap, diciptakan pada untuk dalam bentuk uji tantangan-tanggapan (challange-response test) seperti teks yg di distorsi tadi. Dengan kata lain Captcha adalah bentuk Kriptologi visual... Hal ini dilakukan untuk menangkap perbuatan usil dan memastikan bahwa jawaban masuk pada form atau kotak dialog murni jawaban manusia, tidak dihasilkan oleh suatu program komputer. Kenapa harus begitu? Ini ceritanya…

Tekhnologi Informasi berkembang dengan sangat pesat belakangan ini… seiring dng perkembangan yg sedemikian pesatnya, muncul pula tindak kejahatan baru yang menggunakan komputer sebagai wadah kejahatannya. Istilah-istilah seperti Scamming, Spammer, Spyware sudah tidak asing lagi bagi kita. Berita terakhir ttg kejahatan didunia perkomputeran adalah kejahatan pencurian password dng metode Scamming, yaitu tampilan palsu yang di-kirimkan via e-mail…, misalnya form dari situs Bank yg meminta anda untuk mengganti password Kartu Kredit. Ada pula jenis kejahatan lain seperti menghack sebuah computer untuk dengan metode spamming… ini dilakukan dengan mengirimkan banyak jebakan secara otomatis dengan bantuan computer, sehingga target korban akan menjadi lebih banyak lagi dan dalam waktu yang singkat. Kejahatan seperti ini-lah yang ingin dihindari sehingga dicari jalan oleh para ahli computer sehingga muncul-lah Captcha. Sebuah program spamm dan scam tak akan dapat secara leluasa masuk ke dalam system komputer, karena terlebih dulu akan dihalangi oleh captcha yang melakukan pemeriksaan untuk memastikan apakah si penerobos manusia atau mesin. Pengguna harus memberikan jawaban yang benar. Bila ia manusia tdk masalah karena ia punya mata untuk melihat tetapi kecil kemungkinan sebuah mesin/komputer dapat membaca huruf yg sudah di distorsikan sedemikian rupa.

Perilaku Spammer dan scammer ini mengingatkan saya pada ucapan Tuhan Yesus ttg akhir jaman, yaitu nabi palsu antikris, si penipu yang berusaha meniru diriNYA sehingga orang2 beralih mempermuliakannya. "Waspadalah terhadap nabi2 palsu yang datang padamu dengan menyamar sebagai domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas" Matius 7:15 Ajaran sesat-nya akan bermunculan menyusup melalui pengajar2 sesat. Perilakunya persis seperti sebuah spam yang terus menerus dikirimkan menunggu kita lengah sehingga dan menerimanya.
Tetapi Tuhan, bukanlah Tuhan yang membiarkan kita menderita seperti anak ayam kehilangan induk karena IA sudah mempersiapkan kita untuk menghadapi saat-saat terakhir ini. IA sendiri berjanji tak akan pernah meninggalkan anda,
….Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau." (Ibrani 13:5)
Ia merencanakan Capctha dalam hidup kita, yaitu didalam kehadiranNYA sebagai ROH KUDUS, agar kita memperoleh Hikmat sehingga bisa membedakan mana ajaran yang benar dan yang palsu.
Kita menerima kesaksian manusia, tetapi kesaksian Allah lebih kuat. Sebab demikianlah kesaksian yang diberikan Allah tentang Anak-Nya. 
Barangsiapa percaya kepada Anak Allah, ia mempunyai kesaksian itu di dalam dirinya; barangsiapa tidak percaya kepada Allah, ia membuat Dia menjadi pendusta, karena ia tidak percaya akan kesaksian yang diberikan Allah tentang Anak-Nya. 1Yohanes 5:9-10
Melalui Roh Kudus, Ia memberikan kekuatan spiritual untuk melawan si iblis didalam Roh KebenaranNYA sehingga kita mampu untuk membongkar kedok si pengajar sesat:
Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu; sebab Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia. Mereka berasal dari dunia; sebab itu mereka berbicara tentang hal-hal duniawi dan dunia mendengarkan mereka. Kami berasal dari Allah: barangsiapa mengenal Allah, ia mendengarkan kami; barangsiapa tidak berasal dari Allah, ia tidak mendengarkan kami. Itulah tandanya Roh kebenaran dan roh yang menyesatkan. 1 Johanes 4:4-6
Banyak pengajaran palsu akan mengaku sebagai pembawa firman Allah yang benar. Tentang hal ini Roh Kudus membentengi kita dengan hikmat agar tidak tertipu oleh rupa2 pengajaran sesat, karena setiap roh yang mengaku, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah, dan setiap roh, yang tidak mengaku Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh itu adalah roh antikristus dan tentang dia telah kamu dengar, bahwa ia akan datang dan sekarang ini ia sudah ada di dalam dunia.(1Yohanes 4:2-3)
Milikilah hubungan yang erat dengan Roh Kudus sebab sungguh besar resikonya bila kita tidak memiliki hubungan yang kuat dengan ROH KUDUS, bisa2 kita berbalik menjadi penyesat dan dikuasai roh perpecahan (Yudas 1:19) karena tiada apapun yang menuntun selain hawa nafsu:
"
Karena akan datang waktunya orang tidak lagi dapat menerima ajaran sehat, tetapi mereka akan mengumpulkan guru-guru menurut kehendaknya untuk memuaskan keinginan telinganya. Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng
."(2.Tim.4:3-4)

Bagaimana Agar hidup kita senantiasa dilindungi dan dituntun oleh ROH KUDUS? Itu tergantung seberapa jauh kedekatan anda dengan-NYA. Seperti yang dikatakan pada firman :...Mendekatlah kepada Allah, dan IA akan mendekat kepadamu (Yakobus 4:8). Ia akan tetap setia walau kau berkali-kali menyangkalnya, namun jangan pula alasan itu dipakai sbg pembenaran diri untuk melakukan dosa sebab itu bisa mendukakan ROH KUDUS.
Bila anda sering bersosialisasi dalam dunia maya spt chatting atau dengan Jaringan social (Facebook, Myspace dll) Mulailah membiasakan diri anda dengan memiliki pikiran yang sehat sehingga anda terhindar dari perkataan dan kelakuan yang dapat 'mendukakan' NYA. Kebiasaan membaca Alkitab dan bacaan rohani sangat baik agar kita memiliki pikiran yang sehat. Seperti Maria yang dengan kerinduan duduk di dekat kaki Yesus… diam dan tenang mendengar firmanNYA… begitulah yang Tuhan mau untuk kita lakukan.
Banyak ide2 sesat dan mengelirukan yang akan anda temukan dalam jejaring social, namun hubungan yang akrab dengan Roh Kudus dapat memblokirnya karena pikiran anda telah dipenuhi dengan hikmat.
Spam yang menyerbu server kompter akan rontok setelah menghadapi Captcha. Dengan menerima Tuhan Yesus sebagai juruselamat, anda akan mendapat anugerah ROH KUDUS seperti yang telah dijanjikan NYA… Bila si iblis menemui anda namun ia melihat bahwa anda telah dipenuhi hikmat dan Roh Kudus, ia akan mundur karena tidak ada alasan baginya lagi untuk menyesatkan kita. Tuhan Yesus telah membayarnya LUNAS di tiang SALIB.



TUHAN MEMBERKATI

Kisah Alkitab (Danny)

Keterangan istilah
Spam atau 
junk mail adalah penyalahgunaan dalam pengiriman berita elektronik untuk menampilkan berita iklan dan keperluan lainnya yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengguna situs web. (Wikipedia)

Scam adalah berita elektronik dalam Internet yang membohongi dan bersifat menipu, sehingga pengirimnya akan mendapat manfaat dan keuntungan tertentu. Contoh scam yang sering kita jumpai adalah surat berantai dan pengumuman lotre. Dalam hal ini akibat dari berita scam ini bagi penerimanya akan lebih serius, jika dibandingkan dengan spam. (Wikipedia)

CAPTCHA atau 
Captcha adalah suatu bentuk uji tantangan-tanggapan (challange-response test) yang digunakan dalam perkomputeran untuk memastikan bahwa jawaban tidak dihasilkan oleh suatu komputer (Wikipedia)

ROH KUDUS (bhs Ibrani רוח הקודש 
Ruah haqodesh) adalah salah satu pribadi Tuhan dalam konsep Tritunggal. Ambil waktumu, berdoalah dengan sungguh-sungguh, mintalah kepada BAPA dengan segala kerendahan hati Katakan bahwa engkau mau agar IA memberikanmu ROH KUDUS karena IA telah menjanjikannya seperti itu!



No comments:

Post a Comment